Desain Rumah Sederhana Minimalis di Lahan Sempit

Dilihat 25515 kali | 04 July 2011 | Oleh: Carirumah.net

Permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini adalah semakin sempitnya lahan untuk membangun rumah tempat tinggal. Oleh karena itu, maka tren model rumah hunian untuk saat ini adalah desain rumah sederhana minimalis. Ini merupakan pilihan utama. Masyarakat lebih banyak memilih dan membangun rumah sederhana minimalis daripada rumah besar. Bukan sekadar karena pembiayaan yang lebih murah, desain rumah sederhana minimalis merupakan langkah antisipasi atas semakin sempitnya lahan untuk perumahan.

Perkembangan pola kehidupan masyarakat memang menuntut kita untuk secara aktif mengefektifkan semua aspek dalam kehidupan ini. Termasuk dalam hal ini adalah masalah semakin sempitnya lahan untuk rumah, bahkan sudah cukup banyak penciptaan lahan rumah dari tanah garapan yang masih produktif.

Kita semakin kehilangan lahan yang dapat memberikan panenan sebagai sumber makanan kita. Dan, desain rumah sederhana minimalis adalah upaya memanfaatkan lahan yang ada secara efektif. Itu artinya, kita tidak perlu lagi membuat rumah hunian yang besar. Rumah kita saat sekarang dan kedepan berukuran kecil, tetapi efektif untuk dijadikan tempat hunian yang cukup untuk keluarga.

Rumah Minimalis adalah Konsekuensi

Kita memang tidak dapat lagi berimprovisasi secara bebas untuk mengembangkan kreativitas kita, khususnya pada saat membuat desain rumah hunian kita. Kita sudah tidak dapat membuat rumah berukuran besar yang sempat menjadi ciri khas bangunan rumah para pendahulu kita. Saatini, kita hanya dapat membuat desain rumah sederhana minimalis sebagai rumah hunian bagi keluarga kita.

Dan, ini merupakan konsekuensi atas kondisi yang berlangsung dalam kehidupan ini. Ini merupakan dampak dari perubahan yang kita lakukan terhadap lingkungan kita. Atau, inilah hasil dari setiap laku negatif yang dilakukan oleh nenek moyang kita, pemakaian lingkungan yang tidak sesuai dengan peruntukannya.

Manusia sudah tidak bersahabat dengan bumi. Banyak bagian alam yang kita rusak dan kita perlakukan tidak sesuai dengan peruntukannya, sehingga kita banyak kehilangan lahan untuk perumahan. Hilangnya lahan perumahan inilah yang menuntut kita untuk menerima konsekuensi logisnya, yaitu membuat rumah di lahan yang sempit. Rumah di lahan sempit, berarti kita harus membuat desain rumah sederhana minimalis.

Memaksimalkan Lahan

Untuk membuat rumah di lahan sempit memang serba repot. Secara teknis kita akan akan mengalami banyak hal yang tidak kita inginkan. Tetapi hal tersebut harus kita lakukan sebab kondisi yang kita hadapi memang seperti itu. Oleh karena itulah, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah membuat desain rumah sederhana minimalis yang sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan untuk kita.

Tentunya untuk memaksimalkan lahan ini kita lakukan dan wujudkan dalam bentuk bangunan yang benar-benar efektif sebagai tempat hunian yang mampu memberikan kenyamanan bagi kita sekeluarga. Hal ini sangat penting sebab rumah yang kita dirikan akan digunakan sebagai hunian keluarga kita. Dan, upaya memaksimalkan lahan dapat kita lakukan dengan memaksimalkan setiap bagian desain untuk kebutuhan yang jelas.

Dalam hal ini, agar dapat memenuhi kebutuhan hidup, maka sebaiknya kita membuat desain rumah sederhana minimalis yang mempunyai lantai atas. Keberadaan lantai atas ini adalah untuk memberikan ruangan untuk berbagai kegiatan hidup kita. 

Mengatur Ruang secara efektif

Satu hal pokok yang harus kita perhatikan pada saat membuat desain rumah sederhana minimalis adalah penempatan ruangan. Jika kita mendesain rumah sederhana dengan lantai atas, maka setidaknya kita harus dapat mengatur ruangan secara efektif. Artinya, kita harus dapat memposisikan ruang sesuai fungsinya dan selaras dengan pemanfaatnya.

Dalam hal ini, maka ruangan kita bagi atas ruangan atas dan bawah. Untuk ruangan bawah, kita dapat menempatkan ruangan seperti kamar tidur utama, dapur, ruang tamu, kamar mandi, ruang makan, dan untuk ruangan atas kita tempat tidur anak-anak, ruang eksplorasi keluarga, kamar mandi juga dapat kita posisikan di ruang atas. Kita dapat juga menempatkan ruang perpustakaan di ruang atas.

Dengan pembagian penempatan ruangan seperti ini, maka setidaknya kita dapat lebih mengefektifkan fungsi ruang –ruangan tersebut.

Dalam kondisi lahan perumahan yang semakin sempit, kita memang harus pandai-pandai mengatur desain rumah sederhana minimalis agar kita mendapatkan kenyamanan di rumah sendiri. Kita harus mengingat bahwa rumah adalah surga kita. Semakin nyaman kita di rumah, maka surga adalah milik kita.
Sumber: www.anneahira.com

Share artikel ini di: Reddit Digg

Tag: desain, rumah, sederhana, minimalis, di, lahan, sempit

untuk Pelayanan anda

Hai para pengunjung CariRumah.Net!

Untuk meningkatkan layanan iklan gratis ini bagi Penjual dan untuk kepuasan informasi kepada Pembeli..

Ayo! Ikut berpartisipasi dalam memberikan kritik, opini, dan solusi Anda dibawah ini:


Apa Kamu Suka carirumah.net?

carirumah-go-mobile

member area

Email

Password


cari properti

Tipe
Status
Propinsi
Kota
Harga

Testimoni

Rika Hadi01 December 2012

Dengan adanya situs carirumah.net ini dapat mempermudah saya dalam melakukan jual-beli online saya.

artikel / tips & trik

Memilih Rumah Minimalis

Dilihat 10115 kali | Oleh: Carirumah.net

Gambar: Memilih Rumah Minimalis Setelah melihat beragam model rumah minimalis, barangkali Anda bertanya. Apakah harus memilih rumah yang atapnya beton atau genteng? Atau pilih yang jendela kacanya besar-besar dan beragam pertanyaan ...
» Selengkapnya: Memilih Rumah Minimalis

Lihat semua artikel »

Iklan Link


Partner Kami

WEDDINGSITEKU.COM