Tips Kamar Mandi Sehat

Dilihat 8839 kali | 05 April 2011 | Oleh: Carirumah.net

Kamar mandi tentunya merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari rumah. Segala aktivitas di rumah di mulai dari kamar mandi dimulai dari bangun pagi hingga menjalang tidur.

Sesekali kamar mandi juga perlu direnovasi agar memberi kesan berbeda dan hidup menjadi penuh dinamis. Untuk merenovasi kamar mandi tentunya kita perlu mempertimbangkan beberapa hal agar kamar mandi bisa memenuhi kriteria kamar mandi baik, dan kamar mandi sehat.


Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memenuhi kriteria kamar mandi sehat:

  • Ukuran
    Ukuran besar atau kecilnya kamar mandi adalah tergantung dari lahan yang tersedia. Bila lahan yang tersedia luas maka tidak ada salahnya kita membuat desain kamar mandi yang luas, tapi jika kecil lebih baik ukuran kamar mandi disesuaikan. Faktor lainnya adalah aktivitas yang dilakukan di kamar mandi. Bila kamar mandi dijadikan tempat berdandan atau anda senang untuk berendam mungkin ukuran kamar mandi harus lebih besar.

  • Kering atau basah
    Kamar mandi dengan lantai kering kelihatan lebih bersih. Tetapi, lantai basah masih lebih banyak disukai karena kebiasaan mandi orang Indonesia. Bisa pula bila menempatkan kamar mandi kering dan basah dalam satu ruangan. Yang menjadi perhatian adalah harus ada pemisah agar lantai kering tidak menjadi basah. Misalnya dengan menggunakan pemisah fiber glass atau dapat pula bagian basah dibuat dengan permukaan lebih rendah dan dipisahkan tirai plastik.

  • Letak
    Peletakan benda-benda dalam kamar mandi hendaknya diatur juga. Misal wastafel diletakkan ke bagian depan agar saat mencuci tangan, kita tidak perlu masuk ke bagian dalam kamar mandi atau closet jangan diletakkan setelah area lantai basah.

  • Cahaya
    Kamar mandi sering menjadi tempat berkembangnya kuman penyakit. Maka, bila memungkinkan, desain agar kamar mandi dapat memperoleh cahaya matahari, misalnya dengan menggunakan genteng transparan atau bahan transparan lainnya yang tembus cahaya matahari. Karena keberadaan cahaya matahari dapat mencegah kuman-kuman berkembang. Selain itu, hal ini dapat membantu menghemat penggunaan lampu pada siang hari.

  • Udara
    Agar sehat, dalam kamar mandi juga perlu adanya sirkulasi udara. Sirkulasi yang tidak baik dapat membuat kamar mandi menjadi bau tidak sedap. Maka dapat dibuat kisi-kisi di bagian bawah pintu atau di bagian atas kamar mandi. Bila tidak memungkinkan untuk memasang kisi-kisi, maka dapat dipasang exhaust fan.

  • Aman
    Keamanan kamar mandi juga perlu diperhatikan, karena kita tidak ingin ada anggota keluarga yang terluka atau terjatuh di kamar mandi. Maka untuk lantai, sebaiknya jangan dipilih lantai yang licin. Kebersihan juga harus diperhatikan, agar tidak ada lumut sehingga kamar mandi menjadi licin.

Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kenyamanan kamar mandi di rumah anda…

Sumber: konseprumahidaman.com


Share artikel ini di: Reddit Digg

Tag: kamar mandi, interior rumah, rumah sehat

untuk Pelayanan anda

Hai para pengunjung CariRumah.Net!

Untuk meningkatkan layanan iklan gratis ini bagi Penjual dan untuk kepuasan informasi kepada Pembeli..

Ayo! Ikut berpartisipasi dalam memberikan kritik, opini, dan solusi Anda dibawah ini:


Apa Kamu Suka carirumah.net?

carirumah-go-mobile

member area

Email

Password


cari properti

Tipe
Status
Propinsi
Kota
Harga

Testimoni

Rika Hadi01 December 2012

Dengan adanya situs carirumah.net ini dapat mempermudah saya dalam melakukan jual-beli online saya.

artikel / tips & trik

Mempercantik Dinding dengan Wallpaper

Dilihat 22237 kali | Oleh: Carirumah.net

Gambar: Mempercantik Dinding dengan Wallpaper Wallpaper memiliki banyak corak yang sangat bervariasi. Warna dan desainnya lebih menarik. Mulai dari dengan warna polos, corak simple seperti garis dan lengkung. Atau corak lain seperti corak ...
» Selengkapnya: Mempercantik Dinding dengan Wallpaper

Lihat semua artikel »

Iklan Link


Partner Kami

WEDDINGSITEKU.COM